Skip to content

20 Hack di system Registry (bagian 3)

June 18, 2009

14. Percepat Back-Up

Fitur NTCBACKUP milik Windows XP meningkatkan kinerjanya dengan mempertahankan daftar file sistem yang ia tahu kalau Anda tidak akan mungkin ingin membuat back-upnya. Tambahkan file dan folder yang Anda inginkan sendiri dan dapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Lihat daftarnya pada “HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\BackupRestore\FileNotToBackup“.

15. Ubah Folder Instalasi Default

Kebanyakan instalasi default adalah folder Program Files, tapi jika Anda ingin menggantinya, masuk ke “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion“, ubah “ProgramFilesDir” menjadi folder pilihan Anda dan reboot

16. Mengubah Nama Drive

Menambahkan sebuah pembaca kartu memori dan Explorer akan sering kali menghentikan folder komputer yang memiliki nama drive yang mirip. (“Removable Drive D: “, “Removable Drive E: “, dan seterusnya), membuatnya menjadi susah untuk membedakannya.

Anda bisa mengatasinya dengan “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer“. Buatlah tombol dengan huruf dari drive (sebagai contoh “G”), dan di dalamnya buatlah lagi tombol baru yang bernama “DefaultLabel”. Klik-ganda pada tempat memasukkan nilainya, berilah nama “CompactFlash” (atau apapun sesuka Anda), dan klik “OK”. Restart Explorer atau tekan [F5] dan lihat perubahannya. Drive G: akan terbaca sebagai “CompactFlash (G:)”.

17. Wipe the Page File

Windows menyimpan memori halaman-halaman pada file paging selama Anda bekerja. Semuanya terdengar baik, sampai seseorang berhasil mengakses sistem Anda, menemukan file-file tersebut, dan menambahkan atau justru mengurangi sesuatu yang tidak Anda inginkan.

Untuk mengatasinya, masuk ke “HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SessionManager\MemoryManagement“, atur nilai “ClearPageFileAtShutdown” menjadi 1 dan reboot. Windows akan menghapus semua file halaman ketika ia dimatikan. Memang memperpanjang durasi dan proses, tapi meningkatkan keamanan.

18. Crash on Cue

Layar biru crash biasanya membawa kabar buruk, tetapi kadang Anda mungkin ingin memunculkannya untuk menguji laporan eror Windows misalnya. Ternyata trik Registry bisa membantu Anda bahkan untuk hal yang satu ini.

Masuk ke “HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\i8042prt\Parameters“, buat DWORD bernama “CrashOnCtrlScroll” dan atur nilainya menjadi 1. Reboot komputer Anda, dan untuk meng-crash cukup tahan [Ctrl] kanan dan tekan [Scroll Lock] dua kali. Setelah selesai, pastikan Anda segera menghapus perintah tersebut.

19. Save CPU Time

Sebuah PC standar biasanya memiliki beberapa program yang ingin menggunakan kapasitas prosesor pada saat yang bersamaan, dan Windows akan mengalokasi setiap periode dari CPU time sebuah “quantum” sebuah berpindah ke program yang berikutnya. Secara default, biasanya ini sangat pendek, sehingga PC akan menjadi responsif, tapi terkadang hal ini berarti Windows akan membuat waktu untuk berpindah di antara proses-proses tersebut.

Solusinya? Anda bisa mencoba apa yang Windows Server lakukan. Atur sistem untuk menggunakan quantem yang lebih lama. Atur “HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\PriorityControl\Win32PrioritySepartion” menjadi 16 (hex).

Quantum yang lebih lama berarti pergantian yang lebih sedikit di antara program jadi lebih sedikit waktu yang terbuang. Anda bisa memperhatikan kalau lag pada game atau pemutaran video akan menjadi lebih halus. Tapi, jika Anda menemukan masalah lainnya, cukup kembalikan nilai Win32PrioritySeparation menjadi nilai orisinilnya yaitu 26.

20. Non-aktifkan AutoRun

Fitur AutoRun milik Windows merupakan salah satu risiko keamanan yang berpotensi karena ia menjalankan kode secara otomatis ketika Anda menyambungkan alat yang bersifat removable ke dalam PC. Jika memang, hal tersebut bisa diatur secara manual saja, maka akan lebih aman untuk mematikan fitur tersebut.

Pada beberapa sistem, hal tersebut hanya bisa dilakukan melalui Registry. Masuklah ke “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\WindowsNT\CurrentVersion\IniFileMapping” dan buat tombol yang bernama “Autorun.inf”.

Kemudian, klik-ganda pada nilai defaultnya dan masukkan “@SYS:DoesNotExist“. Kemudian hapus “HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MountPoints2“. Sekarang, Windows tidak lagi menjalankan kode apapun pada CD, DVD, atau portable drive secara otomatis. Anda harus menjalankannya secara manual.

From → Artikel

6 Comments
  1. wow.. makasih bung asep atas sharing ilmunya.
    moga bermanfaat ya🙂

  2. yupz… makasih bro… nanti saya coba tips2 diatas..

  3. Wah… belajar jadi hacker nih… lumayan…

    Referensi Harga Terbaru Hanya di
    katalogharga.com

  4. Adjie Blanko permalink

    Al hamdulillah… akhire nemu juga orang Karangjunti di dunia maya. He he… Salam kenal aja mas… SElamat berkarya.

  5. nakal ya suka ngehack

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: