Skip to content

8 Hoax yang Telah Menipu Dunia

May 14, 2013

Otopsi Alien Roswell

alien

Pada 1995 Pria Inggris, Ray Santilli membantu untuk menyaring sepotong film buram yang kabarnya menunjukkan otopsi alien di lokasi jatuhnya Roswell terkenal pada 1940-an.

Meskipun meraih rekor karena berhasil mengumpulkan penonton, kemudian terungkap bahwa film itu palsu dengan Santilli mengakui bahwa banyak adegan dibuat di apartemennya di Camden dengan bantuan badan boneka yang diisi dengan otak domba dan isi perut ayam.

Manusia Piltdown

manusia pitdown

Tipuan lain yang merebak berasal dari sebuah desa tidur Sussex yang disebut Piltdown, yang menjadi tuan rumah bagi salah satu penipuan paling terkenal dalam sejarah pada 1912 silam.

Menurut dugaan ditemukan di sebuah lubang batu terdekat, Manusia Piltdown dikatakan sebagai tengkorak fosil dari manusia purbakala yang mengisi hubungan yang hilang antara kera dan manusia. Meskipun penemuan itu disambut dengan skeptis oleh komunitas ilmiah, selama lebih dari 40 tahun fosil tersebut secara luas dianggap sebagai fakta, sampai akhirnya pada 1953 palaeontolog membuktikan bahwa itu sebenarnya merupakan penggabungan dari manusia, orang utan dan simpanse yang dengan cerdik diubah untuk menipu dunia.

Bocah Balon

bocah balon

Salah satu berita palsu terbaru yang terkenal , bocah balon  dihujat pada 2009 setelah sebuah keluarga di Amerika mengklaim bahwa putra mereka yang berusia enam tahun, dengan sengaja telah memanjat ke atas balon udara buatan yang mereka diluncurkan.

Berita itu memicu perburuan nasional dengan banyak media melaporkan hilangnya anak itu. Ketika akhirnya balon itu mendarat dekat Detroit, bandara setempat ditutup dan Garda Nasional bergegas, namun anak itu sebenarnya bersembunyi di loteng orangtuanya. Mereka menjadi selebriti di seluruh dunia, tetapi anak laki-laki yang dipertanyakan tersebut akhirnya keluar dari persembunyiannya dan membeberkan tipuan itu dalam wawancara langsung di TV Amerika Serikat.

Crop Circle

crop circle

Selama 1970-an serangkaian pola rumit mulai muncul di sawah-sawah di Inggris. Tanaman-tanaman yang hancur itu sering muncul sepanjang malam dan menarik perhatian dunia menimbulkan segala macam teori kelinci berotak dari para ahli yang mengklaim bahwa crop circle itu disebabkan oleh segala sesuatu, mulai dari kunjungan alien sampai dengan medan magnet.

Namun pada 1991 dua orang jahil itu muncul untuk mengungkapkan bahwa sebenarnya merekalah yang sudah membuat lingkaran itu, menipu dunia selama ini. Namun, faktanya, pengungkapan tersebut mengilhami seluruh generasi baru untuk terus membuat pola yang lebih rumit sampai hari ini.

Peri Cottingley

peri

Peri Cottingley adalah serangkaian lima foto awal yang dikabarkan menunjukkan keberadaan peri di dekat Bradford pada awal abad ke 20.

Diambil oleh dua sepupu muda, foto itu memotret imajinasi publik, termasuk juru tulis Sherlock Holmes, Sir Arthur Conan Doyle yang menulis sebuah editorial untuk mendukung keaslian foto-foto tersebut. Selama lebih dari 60 tahun gadis-gadis itu terus bungkam, mereka menyebabkan banyak orang percaya tipuan itu benar. Namun, pada awal 1980-an dua gadis itu mengungkapkan bahwa empat dari foto tersebut adalah palsu, yaitu menggunakan guntingan karton, meskipun mereka berhasil mempertahankan sampai mereka meninggal, bahwa potret kelima dan terakhir itu ternyata asli.

Apakah kami ketinggalan satu berita palsu terbesar dalam sejarah, atau Anda ditipu oleh salah satu penipuan di atas? Beritahu kami di kolom komentar di bawah ini.(mr/ml)

Buku Harian Hitler

buku harian

Majalah Jerman Stern dipermalukan pada 1983 setelah menerbitkan kutipan dari apa yang diyakini sebagai buku harian rahasia yang disimpan oleh Adolf Hitler.

Majalah tersebut telah membayar 4 juta poundsterling (sekitar Rp58,7 miliar) untuk buku harian, yang sempat dikabarkan telah diselamatkan dari pesawat yang jatuh pada 1945. Namun dalam kenyataannya buku harian itu adalah karya ahli pemalsu Konrad Kujau, sesuatu yang segera diperhatikan para sejarawan setelah publikasi mereka.

Kujau ditangkap dan dijatuhi hukuman empat tahun penjara, namun di kemudian hari dia menjadi selebriti kecil, bahkan mengikuti pemilihan yang akhirnya gagal, sebagai Walikota Stuttgart sebelum meninggal karena kanker pada tahun 2000.

Turki

turki

Turki yang dimaksud bukan nama negara, namun adalah Turki si mesin permainan catur yang memukau Eropa di abad ke-18.

Dibangun oleh Wolfgang Von Kempelen, mesin itu menampilkan serangkaian roda mekanik dan gigi, menurut dugaan didukung makhluk otomatis yang mengalahkan semua pendatang di papan kotak-kotak itu. Namun dalam kenyataannya, rahasia keberhasilan Turki terletak pada adanya guru besar yang bersembunyi di dalam kompartemen dan mengoperasikan bidak-bidak tersebut dengan menggunakan magnet.

Tipuan tersebut bertahan selama lebih dari 80 tahun, selama rentang waktu tersebut, Turki berhasil menipu beberapa pemikir terbesar dalam sejarah termasuk Napoleon Bonaparte dan Ben Franklin.

Perang Dunia dari ‘War of the Worlds’

perang dunia

Sebelum menjadi film besar Hollywood yang dibintangi Tom Cruise, ‘War of the Worlds’ karya H.G. Welles, sangat terkenal sebagai sandiwara radio yang digarap oleh sutradara hebat, Orson Welles pada 1938 silam. Meskipun pada awalnya tidak dimaksudkan untuk menipu, ketika itu ditayangkan, rakyat di seluruh Amerika tertipu karena berpikir bahwa mereka berada di bawah serangan makhluk Mars.

Lebih dari enam juta orang dilaporkan mendengar siaran itu, banyak yang mengklaim mereka bisa melihat kilatan terang atau  mencium gas beracun. Layanan darurat kewalahan dan di salah satu kota di Washington terjadi pemadaman listrik yang mendorong masyarakat mempersenjatai diri mereka sendiri dan menuju ke bukit untuk menyelamatkan diri.

Sumber :  plasa.msn.com

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: